Pengawasan

Rapat Kerja Teknis Pengawasan Pada Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi Tahun 2020

Pengawasan Tes Tertulis PPK KPU Kab. Sukabumi

Pengawasan Tindak lanjut temuan BPN

Bentuk : Pengawasan Tindak lanjut temuan BPN

Tujuan : Memastikan apakah pemilih tersbut MS atau TMS

Sasaran : Pemilih yang terdaftar di Temuan data dari BPN 02

Waktu dan Tempat : 18 Februari 2019  

Berdasarkan Surat Edaran KPU Republik Indonesia Nomor 419 / PL.02.1-SD/01/KPU/III/2019 Tanggal 15 Maret 2019 perihal Verifikasi Temuan Data dari BPN 02,

Hasil sample tgl 16 maret 2019 semuanya MS …

Data yg disampaikan BPN adalah data DPS pileg/DPT pilgub

Sudah melalui tahap pemutakhiran data…

Di sidalih sudah dibetulkan

Sedari DPSHP

Baik karena self assessment, ataupun karena tanggapan masyarakat

Kalau data KPU ada 5 kategori :

1. Dibawah umur = sudah menikah

2. Diatas 90 tahun = masih hidup

3. Tgl 1 jan = memang KTPnya 1 jan

4. Tgl 1 Jul = memang KTPnya 1 jul

5. Tgl 31 des = memang KTPnya 31 des

        KATEGORI USIA DI BAWAH UMUR 17 TAHUN

NIK : 3202205109050003

Nama : LISNA

Tgl. Lahir : 11-09-2005

Status : Sudah Menikah

Kecamatan : Palabuhanratu

Desa : Citepus

TPS : 11

NIK : 3202126204030003

TPS : 11

NIK : 3202126204030003

Nama : YUNI

Tgl. Lahir : 22-04-2003

Status : Sudah Menikah

Kecamatan : Nagrak

Desa : Cihanjawar

TPS : 1

                   KATEGORI USIA DI ATAS UMUR 90 TAHUN

NIK : 3202430506240001

Nama : SARKOWI

Tgl. Lahir : 05-06-1924

Status : Sudah Menikah

Kecamatan : Cidolog

Desa : Cidolog

TPS : 1

KATEGORI TANGGAL LAHIR 01 JANUARI

NIK : 3202240101600065

Nama : SARHIDIN

tgl. Lahir : 01-01-1960

Status : Sudah Kawin

Kecamatan : Surade

Desa : Jagamukti

TPS : 1

KATEGORI TANGGAL LAHIR 01 JULI

NIK : 3202180107690042

Nama : U. SUPANTA

tgl. Lahir : 01-07-1969

Status : Sudah Kawin

Kecamatan : Kalapa Nunggal

Desa : Kalapa Nunggal

TPS : 1

KATEGORI TANGGAL LAHIR 30 DESEMBER

NIK : 3202277112760003

Nama : IMAS

tgl. Lahir : 31-12-1976

Status : Sudah Kawin

Kecamatan : Gunung Guruh

Desa : Gunung Guruh

TPS : 2

Pengawasan Dana Kampanye Partai Politik

Bentuk : Pengawasan Dana Kampanye

Tujuan : Memastikan Partai Politik Menyerahkan Dana Kampanye

Sasaran : Kantor KPU Kabupaten Sukabumi

waktu dan tempat : 21 Januari 2019

Pada hari senin tanggal 21 Januari Tahun 2019 Pkl 08.00 s.d 23.55 WIB bertempat di Kantor KPU Kabupaten Sukabumi JI. Raya Siliwangi No. 158, Kel/Kec. Cibadak, Kab. Sukabumi, telah berlangsung Pengawasan Dana Kampanye Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019. Dalam Pelaporan Dana Kampanye tersebut, hamper semua partai politik menyerahkan Laporan Dana Kampanye Pemilu Tahun 2019. Dan Hanya satu Partai Politik yang tidak menyerahkan Laporan Dana Kampanye yaitu Partai Garuda. Kegiatan Laporan Dana Kampanye tersebut berjalan dengan tertib dan lancer serta tidak ada hambatan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Pengawasan Kedatangan Surat Suara DPD

Bentuk : Mencermati

Tujuan : Mengawasi Kedatangan Surat Suara DPD

Sasaran : Gudang KPU Kabupaten Sukabumi

Waktu dan Tempat : 28 Februari 2019

Penerimaan Logistik Pemilu Surat Suara Dpd Ri  Dari Cikarang Kab. Bekasi Ke Gudang Kpu Kab. Sukabumi

A. Pada Hari Kamis  Tanggal 28 Febuari 2019 Tiba Pkl 00.23 – 17.19 WIB Bertempat Di Gudang KPU Kab. Sukabumi Jl. Perintis Kemerdekaan Cibadak Depan Pom Bensin Cipanas Telah Berlangsung Penerimaan Logistik Pemilu Jenis Surat Suara DPD RI Untuk Pileg Jawa Barat.

B. Logistik Pemilu Jenis Surat Suara DPD RI  Yang  Tiba, Dibawa Dengan Pengawalan Polisi Menggunakan  Kendaraan Ekspedisi  Kgxpress Logistics  Dengan Nopol:

1. B 9451 BCT (Box Jenis Colt Diesel)

2. B 9260 FCH (Box Jenis Colt Diesel)

3. B 9144 BPA (Box Jenis Colt Diesel)

4. B 9263 FCH (Box Jenis Colt Diesel)

5. B  9450 BCT (Box Jenis Colt Diesel)

6. B  9298 FCH (Box Jenis Colt Diesel)

7. B 9269 FCH  (Box Jenis Colt Diesel)

8. B 9051 GEU (Wings Box)

9. A 9652 ZA   (Wings Box)            

C. Kegiatan Penerimaan Surat Suara Diterima Oleh :

1. Komisioner KPU

2. Sekjen KPU Kab. Sukabumi

4. Ketua, Komisioner Dan Staff  Bawaslu Kab. Sukabumi

5. Jajaran Kepolisian

D. Adapun Dasar Rincian Jumlah Logistik Pemilu Jenis Surat Suara DPD RI Antara Lain :

Jumlah Total Surat Suara Yang  Dikirim: 3.725 (Dus) X  500  Lembar =  1.862.500 Lembar + 1 Dus Berisi 32 Lembar, Jumlah Keseluruhan  3.726 Dus / 1.826.532 Lembar. Dengan Rincian :

1. 5 Mobil Box Colt Diesel  Isi  1.100 Dus X 500 Lembar  =   550. 000  Lembar;  Rincian: 3 Mobil CDD Masing-Masing 288 Dus + 1 Mobil CDE Isi 130 Dus Dan 1 Mobil CDE Isi 106 Dus. (Penggantian Kendaraan Wings Box No Pol A 8843 ZX);

2. 1 Kendaraan CDD No Pol B 9298 FCH Berisi 205 Dus X 500 Lembar = 102.500 Lembar + I Dus Berisi 32 Lembar, Jumlah Seluruh Dus 206 Dus/ 102.532 Lembar;

3. 1 Kendaraan CDD No Pol B 9269 FCH Berisi 220 Dus X 500 Lembar = 110.000 Lembar;

4. 1 Kendaraan Wings Box  Nopol B 9051 GEU Berisi 1.100 Dus X 500 Lembar = 550.000 Lembar;

5.  1 Kendaraan Wings Box Nopol A 9654 ZA Berisi 1.100 Dus X 500 Lembar = 550.000 Lembar.

Total Surat Suara DPD RI Yang Diterima  3.726 Dus X 500 = 1.862.532 Lembar

E. Kegiatan Pengiriman Logistik Pemilu Jenis Surat Suara Pileg Berlangsung Dengan Adanya Kendala Teknis (Salah Satu Mobil Wings Box Mogok Di Daerah Tol Sekitar Ciawi Dengan No Pol A 8843 ZX, Sehingga Ada Proses Pemindahan Logistik Ke Beberapa Kendaraan Lain (5 Kendaraan Jenis Box Colt Diesel) Dan Pembukaan Segel Kendaraan Yang Mogok Yang Dihadiri Pihak Perusahaan, KPU Dan Kepolisian. Sedangkan Untuk Proses Penerimaan Berlangsung Dengan Aman Dan Lancar.

Pengawasan Surat Suara Kedatangan Surat Suara DPR Provinsi

Bentuk : Mencermati

Tujuan : Mengawasi Kedatangan Surat Suara DPR Provinsi

Sasaran : Gudang KPU Kabupaten Sukabumi

Waktu dan Tempat : 28 Februari 2019

PENERIMAAN LOGISTIK PEMILU SURAT SUARA DPRD TINGKAT I (PROVINSI) DAPIL JABAR  5 DARI PALANG MERAH JAKARTA KE GUDANG KPU KAB. SUKABUMI

A. Pada hari Kamis tanggal 28 Febuari 2019 Tiba Pkl 17.35  WIB s.d Jum’at 01 Maret Pkl 01.20 WIB bertempat di Gudang KPU Kab. Sukabumi Jl. Perintis Kemerdekaan Cibadak Depan Pom Bensin Cipanas telah berlangsung penerimaan Logistik Pemilu Jenis Surat Suara DPRD Tingkat I (Provinsi) Dapil Jabar 5  untuk Pileg Kab. Sukabumi Jawa Barat.

B. Logistik Pemilu Jenis Surat Suara DPRD Provinsi  yang  tiba, dibawa dengan pengawalan polisi dan menggunakan  Kendaraan ekspedisi  Surya Logistics dengan Nopol :

1. B 9047 TEV. 

2. B 9049 TEV.

3. B 9046 TEV.                                        

C. Kegiatan penerimaan Surat Suara diterima oleh :

1. Ketua Komisioner KPU Kab. Sukabumi (Pak Feri Gustaman)

2. Kasubag Keuangan dan logistik KPU Kab. Sukabumi (Pak Hasan Basri)

4. Ketua dan seluruh anggota komisioner  BAWASLU Kab. Sukabumi

5.  Staff  Bawaslu Kab. Sukabumi

6. Jajaran Kepolisian

D. Adapun dasar rincian jumlah Logistik Pemilu jenis Surat Suara DPRD Provinsi antara lain :

Jumlah total surat suara yang  dikirim: 3.728 ( Dus) x  500  lembar =  1.863.532 Lembar.

dengan rincian yang baru datang:

1. Mobil Pertama isi  1.260 Dus x 500 Lembar  =  630.000 Lembar; 

2. Mobil kedua isi 1.206 Dus (1.205 Dus x 500 + 1 Dus x 32) = 602.532 Lembar;

3. Mobil ketiga isi 1.260 Dus x 500 Lembar  =  630.000 Lembar.

4. Total Keseluruhan diterima KPU Kabsi =3.726 dus berisi 1.862.532 Lembar Surat Suara

NB: * 2 Dus yang berisi 1000 Lembar surat suara menurut Kurir/Pihak PT  itu merupakan surat Suara untuk Pemilihan Ulang yang tidak diantarkan ke Gudang KPU Sukabumi namun terlebih dahulu diantarkan ke KPU Provinsi;

E. Kegiatan pengiriman logistik Pemilu jenis Surat Suara Pileg berlangsung dengan lancar dan aman di Gudang KPU Kab. Sukabumi.


Pengawasan Kedatangan Surat Suara DPR RI

Bentuk : Memastikan Kedatangan Surat Suara DPR RI

Tujuan : Mengawasi Kedatangan Surat Suara DPR RI

Sasaran : Gudang KPU Kabupaten Sukabumi

Waktu dan Tempat : 27-29 februari 2019

A. Penerimaan logistik pemilu surat suara DPR RI dari palang merah jakarta ke gudang KPU kab. Sukabumi

  1. Pada hari Rabu tanggal 27 Febuari 2019 Pkl 20.20  – 04.27 WIB 28 Februari 2019 bertempat di Gudang KPU Kab. Sukabumi Jl. Perintis Kemerdekaan Cibadak Depan Pom Bensin Cipanas telah berlangsung penerimaan Logistik Pemilu Jenis Surat Suara DPR RI  untuk Pileg Dapil 4 Kab. Sukabumi Prov. Jawa Barat.
  2. Bongkar muat surat suara dilakukan oleh lebih kurang 20 orang Tim Pengelola Logistik KPU Kabupaten Sukabumi yang dikoordinir oleh Bp. ENCEP RAKHMAT, Sdr. ERI SOPYAN, Sdr. ASEP HENRY, disaksikan 6 orang dari Polres Sukabumi, 1 orang Panwascam Cibadak bernama AGUS, 4 orang dari Bawaslu Kabupaten dan 3 orang pendamping dari pihak Perusahaan (PT. Gramedia) serta 3 orang sopir truk wing box, dimana pada saat itu terdapat kekurangan 1 pack surat suara diterima yaitu sejumlah 3.725 pack.
  3. Bahwa KPU Kabupaten Sukabumi mengusulkan untuk menghitung ulang keesokan harinya karena Tim Pengelola Logistik KPU Kabupaten Sukabumi sudah lelah mengingat waktu menunjukkan pukul 05.00 WIB pagi tanggal 28 Februari 2019
  4. Bahwa pada tanggal 28 Februari 2019, pukul 09.00 WIB Tim Pengelola Logistik KPU Kabupaten Sukabumi disaksikan oleh Polres Sukabumi, Bawaslu Kabupaten Sukabumi dan pihak Perusahaan kembali melakukan penghitungan jumlah pack surat suara DPR. Hingga pukul 16.00 WIB sore, masih belum ditemukan 1 pack surat suara tersebut. Dengan kesepakatan bersama pihak yang hadir disepakati bahwa penghitungan surat suara DPR dilanjutkan keesokan hari pada tanggal 29 Februari 2019
  5. Bahwa selanjutnya pada tanggal 29 Februari 2019, pukul 09.00 WIB kembali dilakukan penghitungan surat suara DPR di gudang KPU, disaksikan oleh Polres Sukabumi, Bawaslu Kabupaten Sukabumi dan pihak Perusahaan melaksanakan penghitungan ulang jumlah pack surat suara DPR
  6. Bahwa Proses penyimpanan pack (kardus) surat suara DPR RI yang seharusnya ditumpuk 6 pack (kardus) disusun secara vertikal (keatas), ditemukan ada satu tumpukan yang berisi 7 pack (kardus), sehingga jumlah sesuai, dan terbukti bahwa surat suara DPR RI tersebut menjadi lengkap sejumlah 3.726 pack (kardus).

B.  Logistik Pemilu Jenis Surat Suara DPR RI  yang  tiba, dibawa dengan pengawalan Polisi dan menggunakan  Kendaraan ekspedisi  Surya Logistics (KGXpress) dengan Nopol:

1. B 9816 TEV (Wings Box)

2. B 9817 TEV (Wings Box)

3. B 9048 TEV (Wings Box)

C. Kegiatan penerimaan Surat Suara diterima oleh :

1. Komisioner KPU  (Pak Eri Sopyan)

2. Sekjen KPU Kab. Sukabumi dan Staff

4. Staff  Bawaslu Kab. Sukabumi

5. Jajaran Kepolisian

D. Adapun dasar rincian jumlah Logistik Pemilu jenis Surat Suara  DPR RI  antara lain :

Jumlah total surat suara yang  dikirim: 3.727( Dus) x 500 lembar = 1.863.500 Lembar dan  1  (dus) x 32 lembar.

Total Dus  3.728 (Dus) = 1.863.532  lembar;

dengan rincian :

1. Mobil Pertama isi 1260 (Dus) x 500 = 630.000 Lembar;

2. Mobil Kedua isi 1259 (Dus) x 500 = 629.500 Lembar;

3. Mobil Ketiga isi 1205 (Dus) x 500 = 602.500 lembar; dan Isi 1(Dus)32 Lembar, jumlah 1206 (Dus) = 602.532 Lembar.

Jadi Total 3.725 dus = (1.862.032) lembar.

NB: *Dus/Box yang diantarkan oleh Perusahaan mengalami kekurangan 3 Dus masing-masing berisi 500 Lembar, jadi Total Yang Kurang 1500 Lembar (sesuai Data Berita Acara);

*Jika mengacu pada DPT Nasional dan sesuai surat suara Pilpres yang diantarkan sebelumnya sejumlah 1.862.532, maka Surat Suara DPR RI yang kurang 500 Lembar lagi (1 Dus).  Selain itu, ada kelebihan surat suara jika mengacu pada Berita Acara yakni 1000 Lembar (2 Dus);

*1000 Lembar surat suara yang lebih menurut Kurir/Pihak PT  itu merupakan surat Suara untuk Pemilihan Ulang yang tidak diantarkan ke Gudang KPU Sukabumi namun diantarkan ke KPU Provinsi;

Setelah di cek di hitung ulang oleh pihak PT ke gudang KPU ternyata surat suara 1 Dus 500 lembar itu terselip,maka surat DPR RI clear tidak ada kekurangan

E. Kegiatan penerimaan logistik Pemilu jenis Surat Suara Pileg berlangsung berjalan dengan lancar di gudang KPU Kab. Sukabumi.


Pengawasan Kedatangan Surat Suara DPRD

Bentuk : Mencermati

Tujuan : mengawasi kedatangan surat suara DPRD

Sasaran : Gudang KPU Kabupaten Sukabumi

Waktu dan Tempat : 1 Maret 2019

Pada hari ini, Jumat tanggal 01 Maret 2019. A. Pada hari Jumat tanggal 01 Maret 2019 Pkl 19.20 WIB bertempat di Gudang KPU Kab.  Jl. Perintis kemerdekaan cibadak depan pom bensin cipanas telah berlangsung penerimaam Logistik Pemilu Jenis Surat Suara untuk DPRD kab. Sukabumi Jawa Barat.

B. Logistik Pemilu Jenis Surat Suara yang  tiba di bawa dengan menggunakan  truk ekspedisi dengan Nopo:

1. B 9048 TEV  membawa  suarat suara Wilayah 4 dan 5

2. B 9047 TEV membawa  suarat suara Wilayah 3 dan 6

3. B 9578 UEW membawa  suarat suara Wilayah 1 dan 2

C. Kegiatan penerimaan Surat diterima oleh :

1. Komisioner KPU

2. Staf  Bawaslu kab. Sukabumi

3. Jajaran kepolisian

D. Adapun dasar rincian jumlah Logistik Pemilu jenis Surat Suara  DPRD Kab.Sukabumi antara lain :

1. Jumlah total surat suara yang  di kirim:

   a. Sukabumi wilayah 1 berjumlah 272. 722 Lembar

   b. Sukabumi Wilayah 2 berjumlah 345. 622 Lembar

   c. Sukabumi wilayah 3 berjumlah 329.897 Lembar

   d. Sukabumi wilayah 4 berjumlah 371.831 Lembar

   e. Sukabumi Wilayah 5 berjumlah 268.418 Lembar

   f. Sukabumi Wilayah 6 berjumlah 280. 044 Lembar

Jadi Total Semua Surat Suara DPRD Kabupaten Sukabumi (1868534) lembar E. Kegiatan penerimaan logistik Pemilu jenis Surat Suara pilpres berlangsung berjalan dengan lancar di gudang KPU Kab. Sukabumi


Pengawasan Kedatangan Surat Suara Presiden

Bentuk : Mencermati

Tujuan : Mengawasi kedatangan surat suara presiden dan wakil presiden

Sasaran : Gudang KPU Kab. Sukabumi

Waktu dan Tempat : 27 Februari 2019

Pada hari ini, Selasa tanggal 27 Februari 2019. A. Pada hari Selasa tanggal 26 Febuari 2019 Pkl 11.00 – 12.15 WIB bertempat di Gudang KPU Kab.  Jl. Perintis kemerdekaan cibadak depan pom bensin cipanas telah berlangsung penerimaam Logistik Pemilu Jenis Surat Suara untuk Pilpres kab. Sukabumi Jawa Barat.

B. Logistik Pemilu Jenis Surat Suara yang  tiba di bawa dengan menggunakan  truk ekspedisi dengan Nopo:

1. B 9422 UEW

C. Kegiatan penerimaan Surat diterima oleh :

1.Sekjen KPU kab Sukabumi (Gunawan)

2. Ketua KPU dan komisioner KPU

3. Anggota bawaslu kab. Sukabumi

4. Staf  Bawaslu kab. Sukabumi

3. Jajaran kepolisian

D. Adapun dasar rincian jumlah Logistik Pemilu jenis Surat Suara  Presiden dan Wakil presiden antara lain :

1. Jumlah total surat suara yang  di kirim: 931( Dus) x 2000 lembar = 1.862.000

dan 1 dus x 532 lembar = 532 lembar

Jadi Total 932 dus ( 1.862.532) lembar E. Kegiatan penerimaan logistik Pemilu jenis Surat Suara pilpres berlangsung berjalan dengan lancar di gudang KPU Kab. Sukabumi


Pengawasan Langsung Pengambilan model DA dari kotak suara

Bentuk : Pengawasan Langsung

Tujuan : Pengambilan Formulir yang akan digunakan sebagai alat bukti dalam penyelesaian PHPU Hasil PPWP

Sasaran : Kantor & Gedung Logistik Kabupaten Sukabumi

Waktu dan Tempat : 9-10 Juni 201

Menindak lanjuti surat Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Nomor:184/PY.01.1-Und/KPUKab/3202/VI/2019. Tanggal 07 juni 2019 tentang Pengambilan formulir yang akan digunakan sebagai alat bukti dalam penyelesaian PHPU hasil PPWP didalam kotak suara, telah dilaksanakan pengawasan langsung yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Sukabumi yang berlokasi di Gudang KPU Di Kab. Sukabumi Jl. Perintis Kemerdekaan Cibadak Depan Pom Bensin Cipanas. Rangkain kegiatan dimulai pada jam 08 00, dengan diawali pembukaan Gembok gudang oleh 3 lembaga yaitu ketua dan komisioner KPU , ketua dan komisioner Bawaslu beserta staf Bawaslu Kabupaten Sukabumi dan unsur kePolisian Polres Kab.Sukabumi dan berakhir jam 20.00 WIB. Data yang diambil sebagai alat Bukti dalam penyelesaian Hasil perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2019

Adapun data yang dibutuhkan  dan akan diambil antara lain:

  1. DA KPU
  2. DA 1 PPWP
  3. DAA 1 PPWP
  4. DA 2 KPU
  5. DA. TT KPU
  6. DA. DH KPU
  7. D. C6 KPU

Teknis pelaksanaan pembukaan kotak di KPU Kab. Sukabumi:

1. Sebelum pembukaan kotak ketua KPU dan ketua Bawaslu menandatangani BA pembukaan kotak suara dihadiri oleh saksi paslon dan kepolisian

2. PPK bersama timlog KPU membuka kotak dan mengambil dokumen yg diperlukan sebagai alat bukti

3. Divtek KPU mengecek kesesuaian  dokumen yg diambil

4. PPK melalui KPU mengcopy 1 rangkap dokumen yg sdh diambil

5. PPK memasukkan kembali dokumen kedalam kotak suara

6. Divkum KPU memproses bukti utk diberi materai dan digandakan sebanyak 12 rangkap dan menyerahkan dokumen ke KPU Prov/KPU RI.

Adapun PPK yang telah memiliki arsip atau dokumen yang diperlukan diatas tidak diharuskan membuka kotak dan memberikan dokumen yang ada untuk di copy.

 Ke-47 Kecamatan/ PPK se-Kabupaten Sukabumi dokumen yang disebutkan di atas telah lengkap semuanya dan Kegiatan Pengambilan Pengambilan formulir yang akan digunakan sebagai alat bukti dalam penyelesaian PHPU hasil PPWP dari kotak suara  berjalan dengan tertib dan lancar serta tidak ada hambatan dalam pelaksanaannya.

Demikian laporan pengawasan ini dibuat dengan sebenarnya sebagai bukti pertanggungjawaban tugas pengawasan.


Pengawasan DPTb-1

Bentuk : Pengawasan Langsung

Tujuan : Mengawasi pelaksanaan rapat pleno DPTb-1

Sasaran : Mengawasi proses rapat pleno DPTb-1

Waktu dan Tempat : 17 Februari 2019 di Hotel Pangrango Sukabumi

Pada Hari Minggu tgl 17 Februari 2019 Bawaslu Kabupaten Sukabumi menghadiri Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan DPTb-1 Pemilihan Umum Tahun 2019 Kabupten Sukabumi, yang di hadiri oleh 2 Komisioner seta Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Partai Politik, Muspika, 47  Ketua PPK Kecamatan se-Kabupaten Sukabumi. Berjalan dengan aman dan lancar.

Hasil pleno dituangkan dalam Berita Acara dilampiri oleh riwayat perubahan Yang tersebar di 386 desa dan di 7.868 TPS

Daftar pemilih se-Kabupaten Sukabumi dengan perubahan sebagai berikut:

  1. Rekapitulasi terhadap DPTb-1 Pemilihan Umum Tahun 2019  sebanyak 1.016
    1. Pemilih Laki – laki berjumlah 636
    1. Pemilih perempuan berjumlah 308


Pengawasan DPT 2

Bentuk : Pengawasan Langsung

Tujuan : Mengawasi pelaksanaan pleno

Sasaran : Mengawasi proses perbaikan DPT Pileg PILPRES

Pada Hari Senin tgl 12 November Bawaslu Kabupaten Sukabumi menghadiri Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan DPTHP-1 dan Penetapan DPTHP-2 Pemilihan Umum Tahun 2019 Kabupten Sukabumi, yang di hadiri oleh 5 Komisioner seta Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Partai Politik, Muspika, porles , TNI berserta 47  Ketua PPK Kecamatan se-Kabupaten Sukabumi. Berjalan dengan aman dan lancar.

Hasil pleno dituangkan dalam Berita Acara dilampiri oleh riwayat perubahan Yang tersebar di 386 desa dan di 7.868 TPS

Daftar pemilih se-Kabupaten Sukabumi dengan perubahan sebagai berikut:

  1. Perbaikan Rekapitulasi terhadap DPTHP-1 Pemilihan Umum Tahun 2019 yang semula sebanyak 1.831.796
    1. Pemilih Laki – laki berjumlah 923. 728
    1. Pemilih perempuan berjumlah 908.068

Menjadi DPTHP-2 sebanyak 1.826.011

  1. Pemilih Laki-laki berjumlah 920.971
  2. Pemilih Perempuan berjumlah 905.040

Waktu dan Tempat : 12 November 2018 di Hotel Taman Asri Sukabumi


Pengawasan Perbaikan DPT 3

Bentuk : Pengawasan Langsung

Tujuan : Mengawasi Pelaksanaan Pleno

Sasaran : Mengawasi proses perbaikan DPT Pileg PILPRES

Waktu dan Tempat : Hari Selasa 2 April 2019 di Hotel Pangrango Sukabumi

Pada Hari Selasa tgl 2 April 2019 Bawaslu Kabupaten Sukabumi menghadiri Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan DPTHP-3 Pada Pemilihan Umum Tahun 2019 Kabupten Sukabumi, yang di hadiri oleh 5 Komisioner serta Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Partai Politik, Muspika, Polres , TNI berserta 47  Ketua PPK Kecamatan se-Kabupaten Sukabumi. Berjalan dengan aman dan lancar.

Daftar pemilih se-Kabupaten Sukabumi dengan perubahan sebagai berikut:

  1. Rekapitulasi terhadap DPTHP-3 Pemilihan Umum Tahun 2019 yang semula sebanyak 1.826.011

a. Pemilih Laki – laki berjumlah 920.843

b. Pemilih perempuan berjumlah 905.040


Rapat Evaluasi Fasilitas Kampanye pada Pemilihan Umum Tahun 2019

Bentuk : Pengawasan Langsung

Tujuan : Memastikan Rapat Evaluasi Fasilitas Kampanye

Sasaran : KPU Kabupaten Sukabumi

Waktu dan Tempat : 25 juli 2019

Pada tanggal 25 Juli 2019, telah dilaksanakan Rapat Evaluasi Fasilitas Kampan ye Pemilihan Umum tahun 2019 di Gedung BK3D Kabupaten Sukabumi, Kegiatan tersebut di hadiri oleh seluruh Komisioner KPU Kabupaten Sukabumi, Bawasalu Kabupaten Sukabumi, LO Partai Politi, unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi dan Calon DPRD Kabupaten Sukabumi terpilih periode 2019 – 2024. Dalam Kegiatan tersebut dibahas mengenai evaluasi fasilitas kampanye Pemilu Tahun 2019, dan Bawaslu Sukabumi memberikan tanggapan mengenai Penanganan Pelanggaran pada Pemilihan Umum Tahun 2019 baik dari unsur Administrasi, Pidana, Kode Etik maupun Penanganan Pelanggaran Pemilu UU lainnya. Dalam Kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar.


Pengawasan Rapat Pleno Rekapitulasi Ulang Tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Sukabumi

Bentuk : Pengawasan Langsung

Tujuan : Pengawasan Rapat Pleno Rekapitulasi ulang tingkat Kecamatan Se- Kabupaten Sukabumi

Sasaran : KPU, PPK dan Peserta Pemilu

waktu dan Tempat : Selasa, 30 April – 1 Mei  2019, Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi

Telah dilakukan pengawasan langsung terhadap Rekapitulasi penghitungan suara ulang tingkat kecamatan Se-Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini dilakukan 3 hari mulai tanggal 29 April – 1 Mei 2019 bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi. Dari pengawasan kami dilapangan mengenai kegiatan tersebut, telah dilaksanakan penyalinan ulang DAA.1 Plano kedalam DA.1 Plano berjalan dengan lancar. Hal ini didasari arahan dari Bawaslu Jawa Barat untuk menghindari indikasi kecurangan dalam rekapitulasi perhitunan suara. Kegiatan selama 2 hari tersebut berjalan dengan lancar dan semua pihak menerima hasil keputusan pleno Rekapitulasi ulang tingkat kecamatan Se-Kabupaten SUkabumi.


Pengawasan Pendistribusian Logistik

Bentuk : Pengawasan Pendistribusian Logistik

Tujuan : Memastikan Pendistribusian Logistik sesuai dengan kebutuhan tingkat kecamatan

Sasaaran : Gudang KPU, Pendistribusian Logistik

waktu dan Tempat : 2 April 2019, Gudang KPU

Pada hari selasa tanggal 02 April 2019 Pkl 13.00 Wib bertempat di Gudang Logistik KPU JI. Raya Siliwangi No. 158, Kel/Kec. Cibadak, Kab. Sukabumi, telah berlangsung Distribusi Perdana Surat Suara Pemilihan Umum 2019 secara Simbolis dari Gudang Log KPU Kab. Sukabumi Ke Gudang Logistik PPK (Kecamatan) yg di Pimpin Ketua KPUD Kab. Sukabumi, Sdr. Ferry Gustaman,SH Penanggung Jawab Kegiatan, Bpk. Hasan Basri, Eri Sopian Divisi Logistik KPU Kab. Sukabumi

2. Hadir dalam giat :

-. H. Gunawan, Sekretaris KPU Kab. Sukabumi

-. Bpk. Ade Setyawan, Asda 1 Bid Pemerintahan Kab. Sukabumi

-. Kompol Nengah, Mewakili Kapolres Kab. Sukabumi

-. Bpk. Iwan S. Kasi Uji Kalikan Kendaraan Bermotor, Mewakili Kadishub Kab. Sukabumi

-.Panwascam Cikidang Bp Ayus Up Rianto

-. Staf Bawaslu Kab. Sukabumi

3. Sambutan – sambutan:

a. Ketua KPU Kab. Sukabumi, Sdr. Ferry Gustaman

– Kita sdh menyelesaikan sortir lipat dan setting surat suara beberapa Kec, dan mulai hari ini akan dilakukan simbolis pemberangkatan Surat suara, hari ini akan dilepas 4 kecamatan, surat suara ini adalah barang negara yg wajib kita jaga oleh semua elemen masy, karena surat suara inilah yg akan menentukan nasib bangsa Indonesia 5 tahun kedepan; dan

– Armada kendaraanpun kita siapkan Truk Double Box mengingat cuaca akhir2 ini sering hujan, supaya dalam pendistribusian Logistik dapat berjalan aman.

b. Bpk. Ade Setyawan, Asda 1 Bid Pemerintahan Kab. Sukabumi

– Kita sepakati bahwa kita semua baik aparatur pemerintahan, keamanan dan elemen masy yg ada disukabumi harus dapat menjaga kelancaran dan ketertiban Pemilu 2019, baik tidak nya pelaks pemilu akan menjadi cermikan Kab. Sukabumi, semoga setiap pengorbanan dan kerja kita mendukung kelancaran Pemilu menjadikan amal baik utk kita.

c. Kompol Nengah, Mewakili Kapolres Sukabumi

– Pada setiap pelaksanaan distribusi ada Pengawalan dari kepolisian, kita sama2 menjaga setiap kemungkinan2 yg dpat menghambat kelancaran dan ketertiban Pelaksanaan Pemilu 2019

4. Pendistribusian hari pertama secara Simbolis yaitu Kecamatan:

1). PPK Kec. Cikidang.

Waktu : 13.25 Wib

– Kendaraan no Pol B-9065-TCM dengan pengemudi an. DEN.

– Kendaraan no Pol B-9200-WU dengan pengemudi an. RIANTO.

– Kendaraan no Pol T-8101-M pengemudi an. HERMAN.

– Kendaraan no Pol B-9707-TCL pengemudi an. ASEP.

2). PPK Kec. Nyalindung.

Waktu : 13.25 Wib

– Kendaraan no Pol F-8856-SN pengemudi an. SUHAIDI .

– Kendaraan no Pol F-8454-VL pengemudi an. DAE SUJANA .

3). PPK Kec. Ciemas.

Waktu : 13.25 Wib

– Kendaraan dengan no Pol F-8631-KN pengemudi an. WANDORI.

– Kendaraan dengan no Pol B-9095-YF pengemudi an. SAHRONI .

– Kendaraan no Pol F-8481-SD pengemudi an. WANDI .

4). PPK Kec. Jampang Tengah

Waktu : 15.30

– Kendaraan dengan no Pol F 8534 UY Pengemudi an. Rahmat

– Kendaraan dengan no Pol F 8487 QL Pengemudi an. Fahril

– Kendaraan dengan no Pol B 9996 FC Pengemudi Wawan

Catatan :

Logistik yang didistribusikan utk masing2 TPS al:

– 5 Jenis Surat Suara

– 2 Buah Kotak Suara.

– 1 buah Bantalan Coblosan (Busa)

Utk Kotak suara bagi masing2 TPS Sebanyak 5 Buah (3 terlipat dan sudah terdistribusi, 2 baru didistribusikan, dibentuk dan terisi Surat suara) Jenis kendaraan yang digunakan yaitu truk jenis boks dan melibatkan pengawalan dari masing – masing Polsek, PPK


Pengawasan Rekapitulasi Perekaman E- KTP Lapas Kelas III Kecamatan Warungkiara

Bentuk : Pengawasan dan Monitoring

Tujuan : Mengawasi Perekaman E-KTP

Sasaran : Lapas Kelas III Kec. warungkiara

Waktu dan Tempat : 17 Januari 2019, Lapas Kelas III Kec. Warungkiara

Kamis 17 Januari 2019, bertempat di Kecamatan Warungkiara telah dilakukan penelitian hasil repitulasi Perekaman E-KTP Lapas Kelas III Kec. Warungkiara yang dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2019, yang dilakukan oleh Disdukcapil Kab. sukabumi dan dihadiri oleh :

1. BAWASLU Kab. Sukabumi  (Ketua dan Anggota)

2. KPU Kab. Sukabumi

3. Polres Kab. Sukabumi

4. Panwaslu Kec. Warungkiara

5. PPK Kec. Warungkiara.

Proses berjalan lancar, aman dan terkendali, tidak ditemukan adanya pelanggaran.

Analisa :

Hasil Rekapitulasi Perekaman E-KTP Lapas Kelas III Kecamatan Warungkiara tanggal 17 Januari 2019 adalah sebagai berikut :

1. Jumlah WBP Lapas : 1050 orang.

2. Sudah terekam E-KTP per tanggal 19-12-2018 : 226 orang

3. Perekaman E-KTP per tanggal 17-01-2019 sebagai berikut :

     a. Perekaman Baru : 163 orang

     b. Yang sudah di cek dan memiliki No. NIK dan KK : 88 orang

     c. Yang tidak terdaftar di database Disdukcapil Pusat dan tidak diperkenankan dilakukan

         perekaman oleh Dirjen Disdukcapil : 41 orang

4. Perekaman E-KTP per tanggal 18-01-2019 sebagai berikut :

     a. Perekaman baru : 207 orang

     b. Yang sudah di cek dan memiliki No. NIK dan KK : 29 orang

     c. Yang tidak teraftar di database Disdukcapil Pusat dan tidak diperkenankan dilakukan

         perekaman oleh Dirjen Disdukcapil : 25 orang

5. Jumlah total WBP yang mempunyai NIK dan NKK pada tanggal 18-01-2019 : 713 orang


Pengawasan Tahapan Kampanye

Bentuk : Mencermati

Tujuan : Mengawasi Tahapan Kampanye

Sasaran : Media Cetak

waktu dan Tempat : 6 Februari 2019

Rabu 06 Februari 2019, bertempat di kantor Bawaslu Kabupaten Sukabumi dengan datang nya Koran Radar Sukabumi pada Hari Rabu, Tanggal 06 februari Tahun 2019 pada halaman depan terdapat yang memuat Dirgahayu Partai Gerindra 11 Tahun bertuliskan “GERINDRA MENANG, PRABOWO PRESIDEN, INDONESIA MENANG”, di sebelah kanan tulisan tersebut terdapat foto Heri Gunawan (Anggota DPR RI Fraksi Gerindra), sebelah kanan atas foto Heri Gunawan terdapat Nomor dan Logo Partai Gerindra, sementara sebelah kiri tulisan terdapat Foto H.Prabowo Subianto (Ketua Umum Partai Gerindra) dan sebelah kiri foto Prabowo tercantum Lambang Garuda dan dibawahnya bertuliskan “ADIL MAKMUR BERSAMA PRABOWO – SANDI 02 “

Alat Bukti : Media cetak koran Radar Sukabumi

Barang Bukti : Media cetak koran Radar Sukabumi

Uraian Singkat Dugaan Pelanggaran : Memuat iklan Kampanye (media cetak) sebelum jadwal kampanye di media cetak ditetapkan oleh KPU, Dengan Pasal 276 ayat (2) Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang berbunyi : “Kampanye Pemilu dimaksud dalam pasal 275 ayat (1) huruf f dan huruf g dilaksanakan selama 21 (dua puluh satu) hari dan berakhir sampai dengan dimulainya masa Tenang “.


Pengawasan Tahapan Kampanye

Bentuk : Pengawasan Langsung

Tujuan : Mengawasi Kampanye Cawapres No Urut 02

Sasaran : Cawapres no 2

waktu dan tempat : Jumat 18 Januari 2019 Pabrik Furniture Nadera Jaya, Desa mangkalaya Kecamatan Gunungguruh

Menindaklanjuti surat yang kami terima dari Saung Aspirasi Teh Desy Nomor :217/SA.DR/I/2019 tanggal 15 Januari 2019 perihal pemberitahuan kegiatan, Saya didampingi Panwascam Gunungguruh dan seluruh PKD Kecamatan Gunungguruh melakukan pengawasan langsung ke pabrik furniture Nadera Jaya tempat berjalannya acara Kampanye, silaturahmi Cawapres no urut 02 Sandiaga Salahudin Uno dengan susunan acara sebagai berikut :

1.Pembukaan (oleh moderator)

2.Pembacaan Do’a  (oleh Bpk. M. Toha) 

3.Sambutan (Ucapan selamat datang oleh Bpk. H. Nasir pemilik nadera jaya) 

4.Penyampaian materi kampanye (Oleh Cawapres no urut 02 )

5.Tanya jawab (5 orang penanya) 

Peserta yg di undang hadir terdiri dari:

1.Buruh pabrik furniture 

2.Tokoh Agama

3.Tokoh Masyarakat 

4.Tokoh kaum perempuan 

5.Tenaga guru Honorer

Penyampaian durasi kampanye dan tanya jawab kurang lebih 30 menit. 

Sepanjang pengawasan kami tidak lagi menemukan pelanggaran- pelanggaran kampanye

ataupun hal-hal yang melanggar peraturan perundang undangan.



Pengawasan Narasumber di Partai Demokrat

Pada hari minggu, 2 Desember 2018 bertempat di gedung disen Cisaat kabupaten Sukabumi, Partai Demokrat mengadangan Acara Rapat kerja cabang(Rakercab) ke 1, Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Teguh Harianto, S.Pd.i menjadi narasumber di acara tersebut dengan memberikan arahan pengawasan Kepada caleg Partai demokrat


Proses Pengawasan Kotak Suara dari kantor KPU Kabupaten Sukabumi ke Gudang KPU Provinsi Jawa Barat


Proses pengawasan rapat Pleno Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2019